Semarak Dirgantara 2024, Jupiter Aerobatic Team Tampilkan Manuver Mengesankan

Cakra101, Bantul.- Jupiter Aerobatic Team (JAT), tim aerobatik kebanggaan TNI Angkatan Udara, tampil mengesankan dalam acara Semarak Dirgantara 2024 di Lapangan Terbang Fasi Pantai Depok, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Sabtu (28/9/24).

Dengan pesawat KT-1 Wongbee berwarna merah dan putih yang mencerminkan warna bendera nasional Indonesia, Jupiter Aerobatic Team mempersembahkan aksi memukau di langit Yogyakarta.

Dipimpin oleh Danskadik 102, Letkol Pnb Ferdian Habibi, manuver dimulai dengan Jupiter Roll. Tim yang terdiri dari empat pesawat beraksi dengan formasi anak panah. Selanjutnya, manuver Barrel Roll dilakukan dengan formasi “Permata”, mencerminkan kesiapan TNI Angkatan Udara dalam menjaga wilayah udara Indonesia.

Penampilan berikutnya, Clover Leaf, menggambarkan rasa percaya diri dan kebersamaan, disertai aliran smoke. JAT melanjutkan dengan Roll Back, yang menunjukkan kemampuan dalam berputar dan mundur membentuk vulcant formation.

Foto: Dok Dispenau

Jupiter Aerobatic Team juga mempersembahkan Tango to Diamond Loop, yang memperlihatkan ketepatan gerakan pesawat, diikuti oleh Snake Loop dan Hi-G Turn yang menegaskan keterampilan JAT dalam melukis langit Yogyakarta. Manuver Screw Roll juga menjadi sorotan, di mana pesawat The Jupiters melakukan putaran dengan kekuatan gravitasi yang signifikan.

Penampilan ditutup dengan Loop and Bomb Burst yang menggambarkan semangat Bhineka Tunggal Ika dan menegaskan komitmen TNI AU dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Jupiter Aerobatic Team memiliki rekam jejak yang solid dalam berbagai event nasional dan internasional, termasuk peringatan 100 tahun penerbangan di Thailand, Singapore Air Show, MotoGP Mandalika Series, dan Bali International Air Show serta event lainnya.

Penerbang Jupiter Aerobatic Team pada Semarak Dirgantara 2024 terdiri dari Jupiter-1, Letkol Pnb Habibi “Corbie” lulusan AAU 2005, Jupiter-2 Kapten Pnb Stefan “Harrier” lulusan AAU 2012, Jupiter-3 Kapten Pnb Made “Medved” lulusan AAU 2011 dan Jupiter-4 Mayor Pnb Bayu “Meerkat” lulusan AAU 2009.

Seluruh rangkaian aksi Jupiter Aerobatic Team dipandu oleh Kapten Pnb Finandika. Penampilan ini menjadi salah satu sorotan utama dalam Semarak Dirgantara 2024 dan meninggalkan kesan bagi para pengunjung.

MC101 – Dispenau

daniel

daniel