Akhirnya 5 Oktober Tiba: Lima Hari Jelang HUT Ke-78 TNI Tim Demonstrasi Udara dan Terjun Payung Mulai Berlatih

Cakra101, Jakarta.- Lima hari menjelang puncak HUT ke-78 TNI, tim Demo Udara dan Terjun Payung, mulai melaksanakan latihan dan check route, ke lokasi upacara di Monumen Nasional Jakarta Pusat, Jumat (29/9/2023).

Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, SE, MPP, CSFA berkesempatan meninjau langsung kesiapan gladi tim demo udara, di Terminal Selatan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Sebanyak 6 pesawat KT 1B, 4 pesawat EC 120 Colibri, 3 pesawat T 50i Golden Eagle, 6 pesawat F 16 Fighting Falcon dan 2 pesawat Boeing 737 akan take off dari Lanud Halim Perdanakusuma. Sedangkan unsur C-130, unsur CN 235/295 dan Unsur Cassa 212 take off dari Lanud Husein Sastranegara.

Foto: Dok Dispenau

Sementara untuk unsur helikopter tri matra (tiga angkatan) yang membawa giant flag take off dari Lanud Atang Sandjaja, Bogor dan unsur helikopter dan unsur Bonanza TNI AD take off dari Pondok Cabe.

Sebelumnya tim terjun payung yang terdiri dari 78 peterjun juga melaksanakan gladi penerjunan di silang monas, terbagi atas tiga run penerjunan, peterjun dari tiga matra ini loncat dari C-130 Hercules TNI AU.

Tim demo udara akan melaksanakan flypast dan juga bomb burst serta theatrical show di Silang Monas dimana direncanakan 87 pesawat akan turut ambil bagian dalam meriahkan HUT Ke 78 TNI ini. Masyarakat umum dipersilahkan hadir di Monas untuk menyaksikan upacara HUT TNI dan demo udara.

MC101 – Dispenau

daniel

daniel