Tim Paralayang Indonesia Sukses Juara Dunia: Kalungan Bunga Bagi Tim Paralayang FASI Yang Tiba di Tanah Air

Cakra101, Banten.- Tim Paralayang Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) yang mewakili Indonesia baru saja sukses meraih emas pada ajang kejuaraan Dunia Paralayang, di Sopot Bulgaria, tiba di tanah Air, melalui bandara Sukarno Hatta, Cengkareng, Banten, Senin (30/10/2023).

Kedatangan atlet-atlet FASI binaan TNI AU tersebut, disambut kalungan bunga penuh sukacita. Wakil Asisten Potensi Dirgantara (Waaspotdirga) Kasau Marsma TNI Dr. Agus Priyanto, Psc, SE.,M.M., M.Sc., yang ikut menyambut kedatangan para duta olahraga dirgantara menyatakan kebanggaannya atas prestasi yang sudah diraih.

“Satu hal yang sangat membanggakan buat kita semua, lagu Indonesia Raya dan bendera merah putih bisa berkibar di event internasional,” ujar Waaspotdirga Kasau.Keberhasilan cabang olahraga Paralayang Indonesia di pentas dunia, tidak lepas dari peran aktif Kasau selaku Ketua Umum FASI dibantu jajaran TNI AU seluruh Indonesia dalam melakukan pembibitan dan pembinaan kepada para atlet ordirga termasuk paralayang di seluruh tanah air melalui FASI.

Foto: Dok Dispenau

Skuad tim Paralayang Indonesia, sukses pada ajang 12 th FAI World Paragliding Accuracy Championship di Bulgaria yang merupakan Kejuaraan Katagori Satu (Cat 1) dari Federasi Airsport Dunia (FAI), kejuaraan tertinggi tingkat elite ini hanya bisa diikuti atlit yang resmi mewakili Federasi Olahraga Dirgantara resmi negara nya, dalam hal ini oleh FASI selaku National Airsport Control (NAC) FAI di Indonesia.

Tim Indonesia mampu meraih emas pada nomor paling bergengsi yaitu Kelompok Beregu Nomor Ketepatan Mendarat.
Atlet FASI terdiri dari Rika Wijayanti, Purnomo Alamsyah, Aris Apriansyah, dan Rizky Maulana. Selain dari tim beregu, atlet perorangan putra Indonesia juga meraih satu medali perunggu yaitu Aris Apriyansyah.

Kejuaraan Dunia Paralayang yang ke 12 ini, di Sopot, Bulgaria, diikuti oleh 130 Atlet dari 31 Negara, dengan rincian 27 Putri dan 103 Putra. Peserta yang dapat mengikuti Kejuaraan Dunia ini merupakan hasil seleksi yang terbaik dari setiap Negara, dan atlet yang berhasil masuk kualifikasi adalah atlet yang telah lolos dan seleksi oleh pihak FAI.

Turut hadir menyambut, Paban II/Puanpotdirga Spotdirga Kolonel Pnb Nurtantio Affan, S.E., M.H., M.Han., Penanggung Jawab Bidang Pembinaan dan Pengembangan Sentra Olahraga Prestasi Kemenpora Jenal Arifin, Wakil Sekjen I PB FASI Drs. Ersy Nuzul Firman, dan pejabat TNI AU, Kemenpora serta FASI lainnya.Selamat untuk Tim Paralayang FASI yang kembali mengangkat nama Indonesia ke salah satu panggung tertinggi Olahraga Dirgantara Dunia.

MC101 – Dispenau

daniel

daniel

This will close in 20 seconds