TNI AU Tanpa Henti Patroli Maritim: Terbangkan Pesawat CN-295 Pantau Perairan Aceh Dari Udara

Cakra101, Banda Aceh.- TNI Angkatan Udara mengerahkan pesawat CN 295 Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma dalam misi lanjutan Mata Elang-23 dikonbinasi operasi pengamatan kapal-kapal pengungsi rohingnya serta pemantauan pelanggaran perairan wilayah Timur Aceh. Selasa (19/12/2023).

Komandan Lanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Pnb Yoyon Kuscahyono, S.Sos selaku Komandan Satgas Udara menyampaikan hasil pemantauan udara akan dilaporkan kepada komando atas yang selanjutnya dikoordinasikan dengan satuan samping baik TNI AL, Kepolisian maupun Pemda, guna mengambil tindakan lebih lanjut.

Dalam pengamanan pelanggaran batas wilayah dari kedaulatan ini TNI AU juga bersinergi melalui operasi terpadu dengan TNI AL yang melaksanakan Operasi Tombak Segara 23 dan melibatkan pesawat Casa NC 212 dan Heli AS 565 MBe Panther.

Letak geografis Provinsi Aceh yang berbatasan dengan Samudera Hindia dan Selat Malaka menyebabkan sering terdamparnya pengungsi etnis Rohingnya di wilayah Aceh dan upaya pelanggaran kedaulatan serta kriminalitas lain. TNI AU berkomitmen tegak lurus menjaga kedaulatan dan keamanan perairan perbatasan dari udara.

MC101 – Dispenau

daniel

daniel

This will close in 20 seconds