TNI AU Jauh Dilangit Dekat Dihati: Dispenau Gelar Outbound Awak Media Di Lanud Adisutjipto Yogjakarta

Cakra101, Yogyakarta.- Mempererat kerjasama dan kebersamaan dengan jurnalis media massa nasional, Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Dispenau) menggelar kegiatan Outbond Awak Media 2023 di sejumlah satuan jajaran TNI AU di Lanud Adisutjipto Yogyakarta, Rabu dan Kamis (20-21/12/2023).

Outbound awak media 2023 diikuti puluhan jurnalis media cetak, elektronik dan online nasional. Seluruh peserta terbang dari Jakarta menuju Yogyakarta menggunakan pesawat CN-295 Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Setelah mendarat di Lanud Adisutjipto Yogyakarta, seluruh peserta menuju Detasemen Pertahanan Udara (Denhanud) 474 Pasgat dan mengikuti sejumlah materi outbound yang dipandu oleh para prajurit Denhanud 474 Pasgat.

Foto: Dok Dispenau

Outbound diawali dengan sesi menembak pistol yang dipandu oleh para pelatih dari Denhanud 474 Pasgat. Para peserta dikenalkan dengan senjata pistol dan teknik menembak yang benar dan aman. Sesi berikutnya, para peserta dilatih untuk bekerjasama memecahkan persoalan yang diberikan pelatih, melalui materi psikologi lapangan, seperti ice breaking, geometri dan spiderweb. Selain itu, para peserta juga dilatih ketangkasan melempar pisau.

Bagian akhir kegiatan outbond di Denhanud 474 Pasgat, awak media dikenalkan dengan sejumlah kendaraan taktis dan persenjataan pertahanan udara yang dioperasionalkan prajurit Denhanud 474 Pasgat. Persenjataan digelar dalam static show menampilkan kendaraan taktis ILSV, senjata perorangan dan sniper, Rudal QW-3, Triple Gun, dan Radar Smart Hunter.

Melalui Outbond Awak Media 2023 diharapakan awak media massa lebih mengenal tugas dan fungsi satuan jajaran TNI AU, sekaligus mempererat kerjasama dan kebersamaan TNI AU dengan awak media massa.

Foto: Dok Dispenau

Direncanakan, Outbond awak media 2023 akan berlangsung hingga Jumat (23/12/2023) dan akan mengunjungi Lanud Adisutjipto (Skadik 101, 102, Skadik 104 dan Hanggar FASI), serta Museum Pusat Dirgantara Mandala (Muspusdirla) TNI AU, Yogyakarta.

Muspusdirla merupakan museum kedirgantaraan terbesar di Asia Tenggara kebanggaan TNI AU. Museum di Lanud Adisutjipto ini dikelola secara profesional oleh Dispenau dan menjadi obyek wisata paling ramai kedua dikunjungi wisatawan setelah Kraton Yogjakarta.

Turut mendampingi rangkaian kegiatan ini, Sesdispenau, Kasubdispenum, Kasubdisjarah, Kamuspusdirla, dan para pejabat Dispenau lainnya.

MC101 – Dispenau

daniel

daniel

This will close in 20 seconds