Wadan Kormar Dampingi Dankodiklat TNI Tinjau Combine Arms Live Firing Exercise (Calfex) Latgabma SGS

Cakra101, Situbondo.- Wakil Komandan Korps Marinir Brigjen TNI (Mar) Suherlan, S.E., M.M., M.Sc., CHRMP., mewakili Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Dr. Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP., mendampingi Komandan Kodiklat (Dankodiklat) TNI Laksamana Madya TNI Maman Firmansyah, S.E., meninjau Combine Arms Live Firing Exercise (Calfex) atau Latihan Tembakan Amunisi Tajam Terintegrasi Antar Kecabangan pada Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Super Garuda Shield (SGS) tahun 2024 di Titik Tinjau T.12, Pusat Latihan Pertempuran Marinir (Puslatpurmar) 5 Baluran, Situbondo. Jum’at (06/09/2024).

Latihan Puncak CALFEX Super Garuda Shield 2024 merupakan ajang memvalidasi kemampuan Komandan lapangan untuk merencanakan dan melakukan tembakan langsung yang secara taktis, aman, dan realistis, menerapkan prinsip-prinsip taktik manuver dalam lingkungan pertempuran.

Personel yang terlibat dalam CALFEX terdiri dari ratusan pasukan multinasional gabungan TNI, Amerika, Australia dan Jepang. Sedangkan persenjataan dan Alutsista yang digunakan adalah Meriam 105 KH 178, Meriam 105 Ml 19, Heli Caracal, Heli Panther, Heli UH-60 Blackhawk, MLRS Vampire Korps Marinir TNI AL, ASTROS, HIMARS, MO 60, dan MO 81

Foto: Dok Dispen Kormar
Foto: Dok Dispen Kormar

Dalam latihan puncak CALFEX ini, diawali dengan tembakan terintegrasi dari HIMARS Artileri 105 mm yang melakukan tembakan pra-serangan untuk memfasilitasi penyerbuan, penerobosan, dan perebutan sasaran musuh oleh pasukan Infantri. Kemudian pasukan Infanteri akan mengamankan sasaran yang telah dikuasi serta melaksanakan pembersihan wilayah musuh dan diakhiri dengan pengamanan Helicopter Landing Zone (HLZ). Setelah HLZ diamankan, dilaksanakan bantuan serangan udara oleh Helikopter tempur. Setelah wilayah dikuasai, pasukan Infanteri akan mengamankan wilayah yang telah dikuasi dan membangun pertahanan jika terjadi serangan balik musuh. Operasi ini melibatkan pasukan khusus gabungan TNI-AS yang melaksanakan Combat Search and Rescue (CSAR).

Turut hadir mendampingi, Danpasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Muhammad Nadir, M.Tr.Opsla., Asintel Dankormar Kolonel Marinir Teguh Santoso, S.E., Aslog Dankormar Kolonel Marinir Akhiyar Meideri, S.E., M.M., M.Han., Dankolatmar Kolonel Marinir Dede Harsana, S.A.P., M.Han., dan Danlanmar Surabaya Kolonel Marinir A. A. Gede Agung Jayaputra, S.E., CHRMP.

MC101 – Dispen Kormar

daniel

daniel