Korps Marinir Peringati Hari Lahir Pancasila

Cakra101, Jakarta.- Inspektur Korps Marinir (Irkormar) Brigjen TNI (Mar) Tri Subandiyana, S.H. memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang diikuti seluruh Prajurit dan PNS Korps Marinir wilayah Jakarta yang dilaksanakan di Lapangan Apel Brigif 1 Kesatrian Marinir Hartono Cilandak, Jakarta Selatan. Sabtu (01/10/2024).

Rangkaian Upacara diawali dengan penghormatan pasukan kepada Inspektur Upacara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para Pahlawan, Pembacaan Teks Pancasila, Pembacaan Teks Pembukaan UUD 1945, amanat Inspektur upacara dan diakhiri dengan pembacaan doa.

Dalam kesempatan ini Inspektur Upacara menyampaikan Pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia Yudian Wahyudi Jakarta, 1 Juni 2024 Hari Lahir Pancasila adalah hari Nasional di Indonesia yang diperingati setiap tanggal 1 Juni. Hal ini untuk mengingat sejarah Hari ketika Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa, pertama memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945.

Foto: Dok Dispen Kormar

Dengan mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045” dalam upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa dalam menyongsong 100 Tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Hadir pada Upacara tersebut Komandan Pasmar 1 (Danpasmar 1) Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq, S.A.P., CHRMP., M.Tr.Opsla., M.Han., Pejabat Utama Mako Kormar, Wadan Pasmar 1, Dankolak Kormar wilayah Jakarta, , serta para Pejabat Utama Pasmar 1.

MC101 – Dispen Kormar

daniel

daniel