Pangdam Kasuari Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci untuk 131 Pahlawan

Cakra101, Manokwari.- Panglima Kodam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Haryanto, S.I.P., M.Tr.(Han)., memimpin langsung Apel Kehormatan dan Renungan Suci dalam rangka menghormati para Pahlawan yang telah gugur demi Bangsa dan Negara. Upacara yang berlangsung di Taman Makam Pahlawan Trikora, Sanggeng, Manokwari, Papua Barat ini dihadiri oleh jajaran pejabat TNI, Polri, serta perwakilan dari Pemerintah Daerah, Jumat (16/8/2024).

Dalam renungan suci tersebut, Pangdam bersama Pj. Gubernur, Kapolda, Kabinda, Kajati Papua Barat serta tamu undangan lainnya memberikan penghormatan kepada 131 Pahlawan yang terdiri dari 25 orang anggota TNI, 4 Pegawai Sipil, dan 102 orang Pahlawan tak dikenal.

“Kami yang hadir pada hari ini, Jumat 16 Agustus 2024 pukul 24.00 WIT pada upacara untuk memperingati akan jasa-jasa para Pahlawan. Menyatakan dengan hormat yang sebesar-besarnya, atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara-saudara sebagai Pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan Negara dan Bangsa”.

Foto: Dok Pendam XVIII/Kasuari

“Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang saudara-saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga, kami berdoa semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapat tempat yang sewajarnya,” ucap Pangdam.

Acara berlangsung khidmat dengan penyalaan obor dan penghormatan terakhir kepada para Pahlawan. Seluruh peserta upacara juga ikut mendoakan arwah para Pahlawan, agar mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

Pesan kepada Generasi Muda bahwa agar selalu mengingat dan menghargai jasa para Pahlawan.

“Sebagai penerus Bangsa, kita harus menjaga apa yang telah mereka perjuangkan. Semangat dan nilai-nilai perjuangan ini harus terus kita jaga dan amalkan dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Upacara ini bagian dari rangkaian dalam memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan RI ke-79 yang diharapkan menjadi momentum untuk semakin memperkuat rasa persatuan dan kesatuan Bangsa demi terwujudnya Nusantara Baru, Indonesia Maju.

MC101 – Pendam XVIII/Ksr

daniel

daniel