Petempur TNI AU Tampilkan Aksi Memukau di Semarak Dirgantara 2024

Cakra101, Bantul.- Penampilan petempur TNI AU berhasil memukau ribuan pengunjung yang memadati Lapangan Terbang FASI Pantai Depok, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Sabtu (28/9/24), dengan aksi spektakuler dalam acara Semarak Dirgantara 2024.

Penampilan memukau tersebut melibatkan pesawat T-50i Golden Eagle dan F-16 C/D Fighting Falcon yang berhasil menarik perhatian penonton dengan manuver dan demonstrasi serangan udara langsung.

Foto: Dok Dispenau

Dimulai dengan penampilan Golden Flight, dua pesawat T-50i Golden Eagle yang dipimpin oleh Kapten Pnb Novi Dwi Handono, alumni Akademi Angkatan Udara 2014, menunjukkan simulasi Serangan Udara Langsung dengan kemampuan menghancurkan sasaran musuh yang telah ditentukan. Penampilan ini menggambarkan keahlian tinggi para pilot TNI AU dalam menjalankan misi di wilayah udara Indonesia.

Setelah itu, perhatian beralih ke Eagle Flight, yang terdiri dari tiga pesawat tempur F-16 C/D Fighting Falcon. Di bawah pimpinan Letkol Pnb Bambang Aulia Yudhistira, Komandan Skadron Udara 14 Lanud Iswahjudi, pesawat-pesawat tersebut menampilkan empat manuver memukau, termasuk Arrowhead Pass, Echelon Formation and Tactical Breakoff, 3 Ship Individual Pass, dan diakhiri dengan Individual Pass and Roll. Manuver-manuver ini menggambarkan kehebatan para pilot dalam mengendalikan pesawat tempur berkecepatan tinggi dengan presisi tinggi.

Foto: Dok Dispenau

Pesawat F-16 C/D Block 52 ID yang digunakan dalam Eagle Flight dikenal sebagai pesawat multirole, memiliki kemampuan menjalankan misi pertempuran udara lawan udara (Air to Air) dan udara lawan darat (Air to Ground). Pesawat ini bertugas menjaga dan mempertahankan kedaulatan wilayah udara Indonesia dari ancaman.

MC101 – Dispenau

daniel

daniel