Menjelang Upacara Hari Kemerdekaan RI-79, Satgas Yonif 762/VYS Melatih Paskibraka Kabupaten Tambraw

Cakra101, Tambraw.- Dalam rangka menyambut Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79, Satgas Pamtas RI-PNG Kewilayahan Papua Barat Daya Yonif 762/VYS Pos FEF melatih Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Kabupaten Tambraw di Kantor Bupati Tambraw, Distrik FEF, Kabupaten Tambraw, Prov.Papua Barat Daya. Dansatgas Yonif 762/VYS Letkol Inf Dwi Haryanto, S.Hub.,M.H.I., dalam rilisnya mengatakan bahwa Satgas Yonif 762/VYS harus ikut berperan dalam mensukseskan dan menyemarakkan hari kemerdekaan Negara Republik Indonesia yang ke-79 tahun. Selasa 06/08/24 .

“Semua pos-pos Satgas Yonif 762/VYS sektor Tambraw, Maybrat dan Sorsel agar melatih dan membina para pemuda dan pemudi untuk dilatihkan PBB, sehingga nanti pada tanggal 17 Agustus mereka dapat dengan mudah untuk bertugas sebagai pasukan Paskibraka. Cuaca panas tidak menyurutkan semangat para siswa dan pelatih dalam melaksanakan latihan. Hal ini ditunjukkan para siswa dalam mengikuti setiap instruksi yang diberikan oleh pelatih,” ucap Dansatgas.

Danpos FEF yang notabene menjadi Pos Kout Satgas Yonif 762/VYS Lettu Inf Rizqi Nurcahyono, S.Tr.(Han)., menambahkan bahwa pemuda dan pemudi pelajar SMA (Sekolah Menengah Atas) di wilayah Kabupaten Tambraw yang terdiri dari SMK Advent Sausapor, SMAN 1 Sausapor, SMK Yembun, SMA YPK Imanuel Werur, SMAN 1 FEF ikut dalam pelatihan Paskibraka tersebut. Materi yang kami berikan adalah gerakan dasar dulu, gerakan dasar itu artinya PBB ditempat gerakan PBB berjalan. Gerakan PBB ditempat itu banyak rangkaiannya, yaitu sikap sempurnanya, jalan ditempat, penghormatan dan lain sebagainya. Tak hanya itu, selain menjadi pelatih sekaligus yang menjadi Danpas (Komandan Pasukan) Paskibraka Kabupaten Tambraw kali ini ialah Wadanpos FEF yaitu Letda Inf Felix Nathanael,S.Tr.(Han) yang mana sudah bergabung latihan dengan pasukan pengibar bendera mulai dari awal hingga saat ini.

“Selain gerakan PBB ditempat ada juga gerakan berjalan. Disini pelatih akan melatih akan gerakan mulai dari ayunan tangan hingga langkah kaki agar anggota Paskibra terlihat indah saat mengibarkan Bendera Merah Putih. Pelatih juga memfokuskan kekompakan peserta Paskibra saat latihan. Setiap ego yang ada di dalam diri peserta harus dihilangkan,” jelas Lettu Inf Rizqi Nurcahyono, S.Tr.(Han).

Kekompakan anggota Paskibra tercermin dari sikap disiplin dalam melaksanakan baris berbaris dan membentuk formasi. Pembinaan dan pelatihan Paskibra tidaklah cukup hanya dengan belajar baris berbaris saja karena tujuan pelatihan ini adalah untuk menciptakan pemuda-pemuda yang terampil sehingga pada akhirnya terbentuklah generasi muda yang kuat baik secara fisik dan mental.

MC101 – Pen Yonif 762/VYS

daniel

daniel