Kodam Kasuari Gelar Bakti Kesehatan dan Donor Darah Peringati HUT TNI Ke-79 “1.500 Warga Terjaring”

Cakra101, Manokwari.- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke-79 Tahun 2024, Kodam XVIII/Kasuari menggelar kegiatan bakti kesehatan dan donor darah, bertempat di Rumkit Tk. III J.A Dimara, Manokwari, Papua Barat, dimana dalam acara tersebut berhasil menjaring 1.500 warga yang antusias mengikuti kegiatan sosial ini.

Kegiatan bakti kesehatan ini meliputi pemeriksaan kesehatan umum, pengobatan gratis, donor darah, pembagian sembako, selain itu ada juga kegiatan donor darah yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Manokwari yang mendapatkan. Antusiasme masyarakat terlihat sangat tinggi, terutama di tengah kondisi di mana akses kesehatan masih menjadi tantangan bagi sebagian besar warga di wilayah ini.

Pangdam XVIII/Kasuari, Mayor Jenderal TNI Haryanto, S.I.P., M.Tr.(Han)., dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian TNI terhadap kesejahteraan masyarakat Papua Barat.

“Kami ingin mempersembahkan sesuatu yang bermakna di HUT TNI kali ini. Dengan bakti kesehatan dan donor darah, kami berharap dapat membantu masyarakat untuk lebih sehat sekaligus mendukung ketersediaan stok darah. Selain itu, melalui kegiatan ini tidak semata-mata implementasi dari Tentara Nasional Indonesia dalam tugas Operasi Militer Untuk Perang (OMP) guna menegakkan kedaulatan NKRI, mewujudkan pertahanan dan keamanan serta pemersatu masyarakat demi keutuhan NKRI, namun merupakan bentuk nyata peran TNI melalui kegiatan kemanusiaan,” ucapnya.

Dalam kegiatan yang juga diwarnai dengan sembako murah, Pangdam meminta kepada Tim Kesdam dan PMI Manokwari untuk memastikan setiap tetes darah yang disumbangkan dapat bermanfaat bagi warga masyarakat Papua Barat yang membutuhkan.

“Saya mengharapkan kegiatan ini kiranya tidak hanya sampai disini saja, akan tetapi harus terus ditumbuh kembangkan, dibudayakan dan dilanjutkan. Terima kasih kepada penyelenggara bakti kesehatan dan donor darah atas terselenggaranya kegiatan ini, baik berupa fasilitas, sarana dan prasarana dan saya ucapkan terima kasih juga saya sampaikan kepada para peserta bakti kesehatan dan donor darah yang telah berpartisipasi sehingga kegiatan yang dilaksanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar,” kata Pangdam.

Mayor Inf Dwi Surya salah satu peserta Donor darah di kegiatan bakti kesehatan donor darah dalam rangka HUT ke 79 TNI berpendapat kegiatan donor darah merupakan kontribusi positif yang dilaksanakan guna mendukung ketersediaan stok darah di wilayah Papua Barat.

“Dengan kegiatan ini menunjukkan bahwa kepedulian dari TNI terhadap kesehatan masyarakat dan kemanunggalan TNI dengan Rakyat semakin kuat, kami ucapkan Hari Ulang Tahun ke 79 TNI, TNI modern bersama rakyat siap mengawal sukses kepemimpinan nasional utk Indonesia Maju,” ucapnya.

Ikut dalam kegiatan ini, Kabinda Papua Barat, Kasdam dan para pejabat Kodam, Ketua Persit KCK Daerah XVIII/Kasuari beserta pengurus, masyarakat yang ada di wilayah Papua Barat, serta prajurit Kodam yang berada di wilayah Manokwari.

MC101 – Pendam XVIII/Ksr

daniel

daniel