Asrendam Kasuari Buka Dalproggar TNI AD Tahap II TA. 2024 Berharap Program Direncanakan Terlaksana Sesuai Target dan Anggaran Yang Dialokasikan

Cakra101, Manokwari.- Asisten Perencanaan Kodam XVIII/Kasuari (Asrendam), Kolonel Inf Kohir, secara resmi membuka kegiatan Pengendalian Program dan Anggaran (Dalproggar) TNI AD Tahap II Tahun Anggaran (TA) 2024. Kegiatan yang berlangsung di Posko Ops Kodam XVIII/Kasuari ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan pengendalian dan monitoring terhadap pelaksanaan program serta penggunaan anggaran di lingkungan TNI AD, khususnya di wilayah Papua Barat dan Papua Barat Daya, pada Selasa (3/9/2024).

Dalam sambutannya ia menekankan pentingnya pelaksanaan Dalproggar sebagai instrumen evaluasi yang krusial dalam memastikan seluruh program yang telah direncanakan dapat terlaksana sesuai dengan target dan anggaran yang dialokasikan.

“Dalproggar ini bukan sekadar formalitas, melainkan upaya nyata untuk memastikan bahwa setiap program yang dilaksanakan memberikan manfaat yang optimal dan sesuai dengan prioritas TNI AD,” tegasnya.

Foto: Dok Pendam XVIII/Kasuari

Ia juga menggarisbawahi pentingnya sinergi dan koordinasi antar satuan kerja di lingkungan Kodam XVIII/Kasuari dalam melaksanakan program-program tersebut.

“Kerjasama yang baik antar satuan adalah kunci sukses dalam pelaksanaan program dan penggunaan anggaran yang efisien,” tambahnya.

Kegiatan Dalproggar Tahap II ini akan memfokuskan pada evaluasi pelaksanaan program pada semester pertama tahun 2024 serta merencanakan langkah-langkah strategis untuk menyelesaikan target yang belum tercapai. Beberapa program prioritas yang menjadi perhatian dalam Dalproggar ini meliputi penguatan kemampuan personel, pembangunan infrastruktur strategis, dan pengadaan alutsista.

Ia mengapresiasi kinerja seluruh jajaran yang telah menunjukkan dedikasi tinggi dalam melaksanakan tugasnya, meskipun dihadapkan pada berbagai tantangan di lapangan. Namun, ia juga mengingatkan agar seluruh personel tetap berpegang pada prinsip-prinsip akuntabilitas dan transparansi dalam setiap tahapan program.

“Saya berharap, melalui Dalproggar ini, kita dapat menemukan solusi atas berbagai kendala yang dihadapi, sehingga seluruh program dapat berjalan dengan baik dan memberikan hasil yang maksimal,” pungkasnya.

Selain dihadiri oleh Ketua Tim Dalproggar Kolonel Arm Mohammad Yasser Maklin, M.Sc. (Mabesad) dihadiri oleh para pejabat utama Kodam XVIII/Kasuari, Komandan Satuan, dan para perwakilan dari berbagai satuan kerja di wilayah Kodam XVIII/Kasuari. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan arahan yang jelas dalam pengelolaan program dan anggaran untuk semester kedua tahun 2024.

MC101 – Pendam XVIII/Ksr

daniel

daniel