Peresmian 2.664 Titik Air, Pangdam Kasuari Ajak Seluruh Komponen Untuk Berkolaborasi, Bersinergi Majukan Papua Barat

Cakra101, Manokwari.- Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Haryanto, S.I.P., M.Tr.(Han)., menghadiri Video Conference (Vicon) yang dipimpin langsung oleh Kasad, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., terkait peresmian 2.664 titik air bersih di seluruh wilayah Indonesia. Vicon ini diikuti Pangdam, di Kampung Hink, Manokwari, Papua Barat, Selasa (30/7/2024).

Saat menyampaikan sambutannya, Kasad menjelaskan bahwa acara ini menandai keberhasilan program pemerintah dalam meningkatkan akses air bersih bagi masyarakat di seluruh penjuru tanah air.

“Saat ini titik air bersih diseluruh Indonesia sudah dibuat mulai dari Sabang sampai dengan Merauke, mudah-mudahan didaerah NTT ini yang awal mulanya terbentuk titik air bersih dapat lebih banyak lagi. Masyarakat NTT ini luar biasa karena ditengah kekurangannya mempunyai manusia-manusia hebat yang lahir dari daerah ini dan kalau kita bisa bekerja sama untuk membuat standar masyarakat baik saya yakin orang NTT akan bersaing dengan yang lainnya,” ucapnya.

Para orang tua saya berharap untuk menghabiskan waktunya untuk menyiapkan generasi muda khususnya anak-anak.

“Saya yakin anak-anak ini apabila sudah besar dan bekerja dengan baik, para orang tua juga akan menikmati hasilnya. Terkait dengan titik air bersih ini merupakan komitmen kami TNI AD, dan kepada para Pangdam dan Danrem kita harus bisa terus meningkatkan hal seperti ini,” ujarnya.

Sementara itu, Pangdam Kasuari pada kesempatan ini, mengajak kepada pihak TNI, Polri, Instansi Pemerintah yang ada bersama dengan komponen Bangsa lainnya untuk berkolaborasi, bersinergi dalam rangka memajukan daerah Papua khususnya Papua Barat.

“Hal ini dapat kita lakukan secara bersama-sama sehingga masyarakatlah yang dapat menikmati langsung hasilnya. Saya juga menghimbau kepada masyarakat yang ada di sini bahwa titik air yang sudah di bangun ini dijaga, dipelihara dengan sebaik-baiknya sehingga penggunaannya dalam jangka waktu yang lama”.

“Selain itu masyarakat sekalian juga dapat meminta bantuan kepada Dandim, Danramil juga para Babinsa yang ada didaerah ini yang tentunya semua itu dalam rangka membuat hal-hal yang bermanfaat bagi masyarakat dan wilayah itu sendiri,” kata Pangdam.

Bapak Nikson Demih, salah satu tokoh masyarakat yang juga hadir saat itu dihadapan Pangdam beserta para unsur Forkopimda lainnya mewakili masyarakat Kampung Hink mengungkapkan rasa terima kasihnya atas bantuan yang sudah dilaksanakan oleh Kodam, Kodim juga para Babinsa dalam menyediakan titik air bersih di kampung tersebut.

“Mewakili masyarakat Kampung, kami sampaikan ucapan terima kasih kepada Kasad, Pangdam, Dandim juga kepada para Babinsa yang sudah mengawal pekerjaan ini sampai dengan selesai saat ini. Awalnya sebelum adanya titik air bersih ini, kampung ini tidak seluruhnya menikmati adanya air bersih dan sekarang ini seluruh Kampung sudah menikmati,” ungkapnya.

Disela-sela kegiatan, Pangdam bersama para rombongan yang hadir membagikan sejumlah bingkisan sembako kepada perwakilan masyarakat Kampung Hink yang juga hadir dalam Vicon.

Ikut dalam kegiatan ini para unsur Forkopimda Papua Barat, Irdam XVIII/Kasuari, Kapoksahli Pangdam, para pejabat Kodam XVIII/Kasuari, Dandim 1801/Manokwari, Kafasharkan Manokwari, Kadis PUPR Papua Barat, Direktur Polbangtan serta Kadis Kesehatan Provinsi Papua Barat.

MC101 – Pendam XVIII/Ksr

daniel

daniel