TNI Angkatan Udara Launching Acara Semarak Dirgantara 2024 di Yogyakarta

Cakra101, Yogyakarta.- TNI Angkatan Udara, melalui Staf Potensi Dirgantara (Spotdirga), resmi meluncurkan Semarak Dirgantara 2024 di Museum Pusat Dirgantara Mandala (Muspusdirla), Yogyakarta, Selasa (30/7/24).

Asisten Potensi Dirgantara (Aspotdirga) Kasau Marsda TNI Andi Wijaya, S.Sos., dalam sambutannya menyebutkan Semarak Dirgantara merupakan acara tahunan yang bertujuan untuk mengenali, membina, dan mengembangkan potensi dirgantara sebagai komponen cadangan nasional, serta mendukung pelestarian budaya dan pariwisata lokal.

Semarak Dirgantara 2024 akan menyajikan berbagai kegiatan, termasuk demonstrasi olahraga dirgantara, bakti sosial dan kesehatan, pentas seni, drumband AAU, serta kirab prajurit.

Semarak Dirgantara juga akan menampilkan kolaborasi antara Royal Yogya Orchestra dan Swa Bhuwana Paksa Orchestra di Balai Kota Yogyakarta pada 28 September. Puncak acara akan berlangsung di Landasan FASI Depok pada 28 dan 29 September 2024. Selain itu akan dilaksanakan seminar Ketahanan Sosial Budaya di Hotel Royal Ambarrukmo pada 29 September.

Foto: Dok Dispenau

Sementara itu, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY Drs. Tri Saktiyana menegaskan Semarak Dirgantara bukan sekadar perayaan, melainkan juga upaya memperkuat persatuan dan memberikan dampak ekonomi positif bagi Yogyakarta.

Gubernur DIY juga menyampaikan apresiasi kepada penyelenggara dan pihak terkait dalam event istimewa ini, dan berharap Semarak Dirgantara dapat menjadi tonggak sejarah dan kebanggaan budaya bagi Yogyakarta.

“Dengan semangat kebersamaan dan kebanggaan, mari kita sukseskan Semarak Dirgantara tahun 2024. Mari kita jadikan acara ini sebagai momen untuk memperkuat persatuan,” kata Gubernur dalam sambutannya.

Launching Semarak Dirgantara 2024 ditandai dengan pemukulan gong oleh Aspotdirga Kasau dan Penghageng Kawedanan Kridhamardawa Karaton Nyayogyakarto Hadiningrat KPH Notonegoro.

Foto: Dok Dispenau

Acara dilanjutkan talk show yang dipandu Adnan Yuniar Kumorojati dengan menghadirkan narasumber, Aspotdirga Kasau Marsda TNI Andi Wijaya, S.Sos., Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY Drs. Tri Saktiyana, Penghageng Kawedanan Kridhamardawa Karaton Nyayogyakarto Hadiningrat KPH Notonegoro, Pj. Walikota Yogyakarta Sugeng Purwanto, M.M.A., Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih, Kepala RSPAU dr. Hardjolukito Marsma TNI dr. M. Roikhan Harowi, Sp.THT-KL., M.Kes, Dirdik AAU Kolonel Pnb Mohammad Apon, S.T., MPA, Kadispotdirga Lanud Adi sutjipto Letkol Pnb. Iwan setiawan, Perwakilan Lintas Komunitas Ir. Arif Effendi.

MC101 – Dispenau

daniel

daniel